Rabu, 01 Desember 2010

Penelitian Eksperimental Semu

Adalah penelitian yang bertujuan memperoleh hasil yang diperkirakan akan diperoleh dari eksperimen yang sebenarnya. Eksperimen sebenarnya tidak bisa dilakukan karena keadaan yang tidak memungkinkan untuk mengontrol dan/atau memanipulasikan semua variabel yang relevan.

Langkah - langkah Penelitian Eksperimental Semu

Identifikasi semua variabel
variabel x adalah variabel bebas semu, yaitu variabel prediktor yang akan mempengaruhi variabel tergantung / dependent.

Pengelompokan
variabel dikelompokkan dalam dua atau lebih grup yang mendapat perlakuan dan sebuah grup kontrol/ placebo.

Prakiraan luaran
Hasil luaran merupakan variabel y atau variabel tergantung atau prediktan. Dalam analisis Time Series, prediktan dianalisa berdasar perubahan waktu untuk memantau perubahan yang mungkin terjadi.

Keuntungan dan Kerugian

Keuntungan

  • Lebih mudah dalam menyimulasikan segala kemungkinan yang bisa terjadi secara acak
  • Meminimalkan kurang validnya percobaan dibanding saat dilakukan di sebuah laboratorium yang disetting secara baik sehingga tidak mengalami kejadian acak yang biasa terjadi di alam nyata.
  • Memudahkan perlakuan yang sama dilakukan pada percobaan yang berbeda subyek dan setting sehingga bisa ditarik generalisasi tentang populasi yang diteliti. Juga lebih efesien dalam percobaan yang memiliki jangka waktu yang panjang dan lingkungan yang berbeda.
  • Biasanya dilakukan pada saat dimana eksperimen sebenarnya akan berakibat ketidak praktisan, tidak etis, ataupun tidak mungkin dilakukan. Misal: Tidak etis memberi obat yang dikhawatirkan memiliki efek negatif kepada manusia yang menjadi obyek penelitian.

Kerugian

  • Manipulasi variabel prediktor bisa membuat keadaan yang tidak alami (walau bahayanya tidak sebesar eksperimen sebenarnya).
  • Kondisi yang terjadi tidak terlalu acak bila dibanding eksperimen sebenarnya, hal ini menjadi tantangan dalam menterjemaahkan hasil percobaan, terutama untuk menyimpulkan sebab-akibat.

Tidak ada komentar: